Saya adalah satu dari dua wanita yang tiba-tiba mencetuskan untuk membuat satu nama Yulutrip Indonesia. Dimana perjalanan murah adalah suatu keharusan, mencari cara pulang adalah kesenangan dan sampai di tujuan adalah kebanggaan. Bersama "partner in crime" saya yuwi jamal kita akan membagi pengalaman kita dalam tulisan dan video.
semoga bermanfaat bagi yang membacanya.

"My Backpack is my home"


Senin, 11 Maret 2013

Kereta Api: Primadona Para Backpacker

Bagi Para Backpacker mencari alternatif biaya perjalanan murah adalah wajib hukumnya. tidak terkecuali masalah transportasi. Seperti kata pepatah "banyak jalan menuju roma" begitupun dengan banyak cara menuju tempat destinasi.
Pernahkah teman-teman mengalami kesulitan dalam membeli tiket kereta api akhir-akhir ini?
Saat ini PT. KAI memang sedang berbenah diri untuk lebih baik, salah satunya dengan diberlakukannya sistem booking online, dan menggunakan kartu identitas resmi untuk pemesanannya. 

Terkadang masih banyak orang yang mengeluh akan sistem ini. keterlambatan pemesanan, ketidaktahuan cara pemesanan, atau kehilangan kartu identitas yang bisa saja terjadi dalam perjalanan membuat para  pengguna kereta api merasa kecewa karena akhirnya tidak dapat berangkat sesuai dengan jadwal yang di tentukan.

beberapa alternatif yang bisa dilakukan untuk menyiasati permasalahan diatas:

1. pemesanan tiket dibuka H-90 (90 hari sebelum) keberangkatan.
jika  teman-teman punya banyak waktu dalam perencanaan, mungkin pemesanan tiket bukanlah suatu masalah yang serius, tinggal datang ke beberapa tempat yang menjual tiket kereta api.
tempat penjualan tiket Kereta Api
Indomart, Alfamart, Pos Indonesia atau via online di www.kereta-api.co.id dan lain-lain dan pemesanan tiket pulang-pergi bisa langsung didapatkan.

2. Keterlambatan Pemesanan Tiket kereta
saya pernah mengalami hal ini, keberangkatan Jakarta (ps. Senen)-Malang menggunakan Kereta Api Matarmaja dengan harga tiket Rp. 51.000 kelas ekonomi yang sudah habis terjual 2 minggu sebelum keberangkatan.
beberapa alternatif yang saya lakukan adalah:
  • mencoba mencari beberapa kereta lain yang memiliki arah yang sama, contoh: jika saya ke  Malang, coba cari kereta arah Surabaya (2jam menggunakan bus ke Malang), Jombang (3jam menggunakan bus  kecil ke Malang), Tulung Agung dan lain-lain. 
  • datang langsung ke statsiun dan menanyakan tiket, karena ternyata biasanya mereka masih memberikan tiket ketika hari H keberangkatan. saya sudah mencobanya dan berhasil.
  • menggunakan kereta api lokal daerah, biasanya kereta api lokal tidak menggunakan sistem online tapi beli tiket langsung ditempat dan kita bisa sambung kereta api lokal sampai batas daerah. hanya saja cara ini sedikit repot karena terkadang di statsiun kecil tidak menjual tiket. tapi kemungkinan memang selalu ada.
antrian tiket kereta api lokal di stasiun kereta api Jombang
3. kehilangan kartu identitas diperjalanan
Kenapa saya tulis hal ini? karena beberapa hari lalu ketika saya dan beberapa  teman  sedang melakukan perjalanan pulang dari Sempu, kehabisan tiket kereta di Malang dan akhirnya kita mendatangi Statsiun Kereta Api Jombang teman saya kehilangan KTP.
cara yang benar adalah datang ke Kantor Polisi, membuat surat kehilangan dan pihak KeretaApi menerima surat kehilangan dari kepolisian. akhirnya kita bisa pulang ke Bandung dengan selamat.

selamat melakukan perjalanan dengan Kereta Api :)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar membuat kita kaya
silahkan berkomentar baik atau buruk asalkan dari hati :)