Saya adalah satu dari dua wanita yang tiba-tiba mencetuskan untuk membuat satu nama Yulutrip Indonesia. Dimana perjalanan murah adalah suatu keharusan, mencari cara pulang adalah kesenangan dan sampai di tujuan adalah kebanggaan. Bersama "partner in crime" saya yuwi jamal kita akan membagi pengalaman kita dalam tulisan dan video.
semoga bermanfaat bagi yang membacanya.

"My Backpack is my home"


Sabtu, 30 Maret 2013

Persiapan Perempuan Dalam Perjalanan

Memang tidak ada pemisahan gender ataupun umur untuk melakukan perjalanan, yang pasti dalam setiap perjalanan dibutuhkan pergerakan dan respon yang cepat, keringkasan bawaan dan multi fungsi barang mutlak diperlukan apalagi untuk seorang backpacker dan jika kita adalah perempuan dan seorang backpacker atau lone ranger mungkin pengalaman saya ini akan berguna.

Dalam satu kali perjalanan terkadang, saya dan yuwi tidak hanya mendatangi satu jenis destinasi, biasanya  kami akan datang kesatu tempat, mendatangi setiap tempat yang "kata orang lokal -bagus-" atau "kata orang lokal -aneh-" dan selalu mengunjungi daerah baru disetiap perjalanan pulang. Jadi tidak peduli destinasi itu seperti apa, gunung, pantai, hutan ataupun kota persiapan kami selalu sama dan selalu dalam satu tas. (biasanya kami sharing barang, tapi saya akan menjabarkannya secara garis besar)

Apa saja yang harus disiapkan sebelum keberangkatan?
  • Siapkan tas ransel yang nyaman dan praktis, dengan banyak saku dan jangan lupa cover bag
  • Pisahkan:
    • barang yang sering dipakai: handphone, kamera, tempat uang receh dll
    • barang yang sering dibutuhkan: tempat obat-obatan, sapu tangan/tissue, lotion anti nyamuk alat ibadah dompet dll
    • barang "jaga-jaga": jaket, payung, jas hujan, senter dll
    • barang elektronik: semua charger-an dll
    • barang wanita : make up, pembalut dll
    • barang basah : alat mandi, baju kotor
    • baju per set (baju+dalaman+aksesoris) sesuai lama kemungkinan hari perjalanan
    • bahan makanan
    • barang kebutuhan perjalanan: botol minum, kompor+nasting, sleeping bag, tenda dll (jika bawa)
  • Bungkus terpisah setiap kelompok barang.
Dari step ini teman-teman sudah pasti tahu apa yang akan disimpan dibawah, ditengah, diatas dan disaku tinggal disesuaikan dengan jenis tas yang akan digunakan. namun jika masih bingung saya akan memberikan contoh.
Saya menggunakan tas ransel yang minimal memiliki 3 kantong di luar. (pinggir kanan-kiri dan atas). step selanjutnya adalah:
  • Simpan barang kebutuhan perjalanan, bahan makan dan baju per set di kantong utama tas. 
  • Jika bawa laptop, bungkus dengan bungkus tahan air dan goncangan. biasanya saya menggunakan  tempatnya dan dibungkus lagi dengan bahan plastik anti tembus air.
  • Kemudian barang wanita, barang basah dan alat elektronik diatasnya supaya mudah mencarinya
  • Jika tas memiliki 3 kantong kecil (biasanya pinggir kiri-kanan dan atas/depan) 
    • Barang jaga-jaga di saku depan/atas (biasanya lebih besar dari kantong lain)
    • Barang yang sering dibutuhkan di saku kanan (jika terbiasa melakukan aktivitas dengan tangan kanan)
    • Barang elektronik disaku sebelah kiri.
  • Tutup rapi dan bungkus dengan cover bag.
Tips lain dari saya:
  • Pisahkan uang besar (pecahan 100.000/50.000) dengan receh. simpan uang besar dalam dompet beserta id card dan kartu ATM. *hanya BUKA disaat diperlukan*
  • Jika terpaksa bawa laptop/notebook/netbook. usahakan hanya dibuka ditempat tertutup.
  • Bawa kamera digital pocket  untuk mengambil momen sepanjang jalan dan hanya keluarkan kamera berukuran besar untuk momen yang besar pula.
    • Bahkan saya menyarankan untuk menggunakan kamera pocket pada saat perjalanan selain mudah digantung di leher dan disembunyikan dibalik baju kamera poket juga tidak membuat kita "eye catching" dari orang-orang "iseng" yang berniat memanfaatkan kita. banyak ko kamera pocket dengan resolusi besar. lagi pula hasil gambar tidak ditentukan dari gadget apa yang kita gunakan kan?
  • Bawa alat charger yang punya banyak slot dan mampu menyimpan energi tanpa dicolok ke listrik seperti genset. atau orang bilang "power bank".
  • Bangan pernah keluarkan handphone "wah" dkeramaian. 
    • Saya biasanya membawa handphone dengan batere tahan lama, bisa browsing, telepon dan sms dengan brand yang tidak booming serta terlihat biasa. (off the record jika ada pertanyaan)
  • Pergunakan baju sesuai tempat dan tidak ribet. 
    • Biasanya saya memperbanyak kaos polos dan 1 outer yang bisa digunakan pada banyak jenis baju serta scarf yang bisa masuk keberbagai warna kaos. 
    • (fyi: saya suka menggunakan aksesoris tambahan, maaf ini insting wanita saya :P) tapi jangan pernah menggunakan aksesoris yang berlebihan cukup pada titik tertentu saja
    • Celana jeans yang sama yang hanya saya pakai pada saat pergi dan pulang.
    • Menggunakan celana berbahan ringan dan pas dibadan pada saat perjalanan akan mempermudah saya dalam beraktifitas, baik dalam keadaan hujan maupun panas)
    • Selain sepatu yang biasa saya gunakan untuk perjalanan biasanya saya menggunaka sepatu karet yang cocok untuk segala cuaca, karena masih telihat sopan dan jika hujan akan mudah membuatnya kering kembali.
    • cover bag bagi saya bukan hanya sekedar penutup tas saat hujan, tapi lebih luas lagi adalah menutup semua barang yang terdapat didalam tas serta kantong-kantong kecilnya. jadi untuk saya pribadi saya selalu menggunakan cover bag pada cuaca apaun dan situasi apapun.
Intinya pada saat kita melakukan perjalanan murah usahakan selalu berpakaian sopan dan tidak terlihat "mahal"  selain mengurangi resiko kejahatan, ini juga berfungsi untuk mengambil hati para petugas dalam bekerja. pengalaman saya selalu di mudahkan minimal dalam bertanya (ketika tersesat) atau dalam kesulitan. (seperti harus melapor kehilangan ID card saat perjalanan ke Kantor Polisi). 

Tetap nyaman dalam perjalanan, bersih, dan tidak menyusahkan partner perjalanan akan membuat kita menikmati perjalanan tanpa beban.


selamat jalan-jalan.
Salam backpacker wanita.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar membuat kita kaya
silahkan berkomentar baik atau buruk asalkan dari hati :)