Saya adalah satu dari dua wanita yang tiba-tiba mencetuskan untuk membuat satu nama Yulutrip Indonesia. Dimana perjalanan murah adalah suatu keharusan, mencari cara pulang adalah kesenangan dan sampai di tujuan adalah kebanggaan. Bersama "partner in crime" saya yuwi jamal kita akan membagi pengalaman kita dalam tulisan dan video.
semoga bermanfaat bagi yang membacanya.

"My Backpack is my home"


Rabu, 01 Mei 2013

Traveler Penyumbang Kerusakan Indonesia


Kebanggaan seorang traveler mendatangi seluruh tempat eksotis, mencari yang tidak bisa ditemukan banyak orang, menunggah photo "unreal", mencari kepuasan yang langka, dan datang dengan mental "tamu" adalah sesuatu yang salah besar!

Ketika datang ke sebuah destinasi, yang pertama terpikir adalah mengambil photo dari sudut sebagus-bagusnya, mengusahakan sampah tidak terambil gambarnya, dan meng-upload-nya tanpa memberikan keterangan tambahan informasi sebenarnya tentang sebuah destinasi, atau meminta teman mengambil gambar diri dengan latar belakang pemandangan, meng-upload-nya, memberi keterangan tempat, dan sedikit tulisan di status berharap mendapat komentar?

Ayolah dewasa!!
Apa yang kalian cari saat melakukan sebuah perjalanan? mencari hiburan? mendapatkan latar belakang gambar yang bagus? atau hanya ingin menunjukan kepada semua orang bahwa kalian pernah mendatangi banyak tempat dan dianggap sebagai seorang "penjelajah"?

Belajarlah untuk lebih bijaksana dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya sebelum datang ke suatu tempat, meminimalisir kerusakan tempat yang dikunjungi, meminimalisir perubahan budaya yang terjadi akibat kedatangan orang asing, dan katakan sejujurnya apa yang terlihat disana tanpa melebih-lebihkan.

Kita memiliki tanggung jawab atas perubahan yang terjadi, baik buruknya suatu perubahan tergantung dari apa yang kita hasilkan sebagai sebuah informasi. 

Hentikan Eksploitasi alam Indonesia, mari menikmatinya tanpa merusak dan menggangu, jadilah seorang traveler pintar, yang berpikir panjang sebelum melakukan sesuatu yang di anggap "keren".

Banyak orang yang sudah sadar dan mulai melakukan perjalanan pintar, ayo bergabung dan jadilah traveler pintar!!

salam backpacker wanita!

7 komentar:

  1. Balasan
    1. Terima kasih Mas Gilang untuk kunjungannya :)

      Hapus
  2. Bener banget. Mbak lulu saya follow facebook dan yulutripnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaa, makasih yaa..
      sampai ketemu di Facebook :D

      Hapus
  3. Tasnya keren😍 merk apa yah

    BalasHapus

komentar membuat kita kaya
silahkan berkomentar baik atau buruk asalkan dari hati :)